Contoh Penulisan Surat Resmi yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah contoh penulisan surat yang baik dan benar dalam format surat resmi:


[Tanggal]

[Alamat Pengirim]

[Alamat Penerima]

Perihal: [Isi Perihal Surat]

==================================================================

Kepada Yth.,


[Buka Surat dengan Pembuka yang Tepat dan Sopan]


[Isi Surat]


[Tutup Surat dengan Penutup yang Tepat dan Sopan]


Hormat kami,


[Tanda tangan]


[Nama Pengirim]

===============================================================

Contoh Penulisan Surat:

Bandung, 21 Juli 2022

Perihal: Permohonan Izin Penggunaan Ruangan Seminar


Kepada Yth.,......


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

      Nama: Michael

      Jabatan: Ketua Panitia Seminar

      Instansi: Komunitas Pemuda Berkarya

Dengan ini mengajukan permohonan izin penggunaan ruangan di gedung milik PT. Contoh Perusahaan untuk mengadakan seminar tentang "Inovasi dalam Teknologi Digital" yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2023.

Seminar ini akan dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari berbagai latar belakang industri, dan kami berharap dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di gedung PT. Contoh Perusahaan untuk menyukseskan acara ini.

Demikian permohonan ini kami ajukan. Kami sangat mengharapkan izin dan dukungan dari PT. Contoh Perusahaan untuk terselenggaranya acara seminar ini dengan lancar.


Hormat kami,

Michael


Dengan contoh di atas, penting untuk memperhatikan aturan tata bahasa, tata letak surat, serta penggunaan kalimat yang jelas dan sopan. Pastikan juga untuk menyebutkan alamat dan data kontak yang jelas untuk memudahkan respon pihak yang menerima surat. Jika surat dikirim melalui email, pastikan formatnya tetap rapi dan sesuai dengan standar penulisan surat resmi. Banyak sekali format surat tergantung anda untuk menyesuaikan dengan jenis surat yang anda kirimkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar